Selasa, 27 Desember 2011

PELUNASAN SEBAGIAN KPR

Mbak Rini Yth,
Beberapa bulan lalu saya mengambil KPR di bank senilai Rp.80.000.000,-dengan bunga 14% fixed 1 thn untuk jangka waktu 7 tahun, dgn cicilan sebesar Rp.1.532.500/ bulan. Ketentuan pihak bank dapat dilakukan pelunasan sebagian max. 20% (Rp.16.000.000) setelah kredit berjalan 1 tahun.
Mohon bantuan mbak Rini, apakah pelunasan 20% itu dengan jangka waktu saya kurangi menjadi 4 atau 5 tahun lagi menguntungkan buat saya? Ataukah saya tetap melanjutkan pembayaran cicilan dengan bunga yang sesuai pasar setelah 1 tahun kredit? Mohan dijawab ya, Mbak.
Atas perhatian dan solusi yang Mbak berikan, saya ucapkan terima kasih.
Wassalam,
Emily

Jawaban:

Halo Emily,
Jika bisa membeli rumah secara tunai , maka bisa dipastikan setiap orang pasti akan membelinya tunai dan tidak ada yang mau beli dengan kredit. Rugi, harga rumah jadi jauh lebih mahal karena kita harus membayar bunga kredit. Tapi apa boleh buat, kebutuhan hidup bukan cuma rumah, kita juga harus membagi-bagi penghasilan yang ada saat ini, berikut dengan sejumlah harta tunai yang kita miliki untuk berbagai macam kebutuhan, antara lain hidup saat ini, berinvestasi untuk masa depan saat pensiun, dan jika ada tujuan keuangan tertentu lainnya, selain rumah, misalnya membeli mobil, mempersiapkan dana pendidikan anak.
Kesimpulannya keputusan membeli rumah bukanlah semata-mata didasarkan pada tersedianya uang saja, namun juga harus mempertimbangkan adanya kebutuhan hidup lain yang juga membutuhkan sejumlah uang. Sehingga kemungkinan mengambil rumah yang lebih murah, agar tidak menghabiskan semua uang tuani Anda merupakan keputusan yang lebih bijak.
Hal yang sama juga berlaku pada pelunasan KPR, dimana keputusan melakukan pelunasan sejumlah tertentu, pelunasan sebagian atau seluruhnya. jangan semata-mata dipertimbangkan karena tersedianya dana saja. Apalagi jika sebenarnya ternyata Anda mampu, dan tidak masalah jika mencicil sampai akhir jangka waktu KPR
Intinya melakukan pelunasan KPR disesuaikan dengan kondisi keuangan dan sebaiknya jangan menghabiskan semua dana tunai Anda hanya untuk pelunasan KPR saja, pertimbangkan kebutuhan lain juga. Tentu saja melakukan pelunasan sebelum waktunya akan lebih menguntungkan Anda, sebab beban pembayaran bunga selanjutnya jadi lebih ringan bukan? Namun sebelum melaksanakan pelunasan KPR periksalah kembali apakah dana yang kana digunakan untukpelunasan tersebut benar-benar mengagggur? Jika Anda memiliki hutang lain yang bunganya lebih tinggi dari hutang KPR, tidakkah sebaiknya diprioritaskan pelunasannya? adakah kebtutuhan mendesak yang membutuhkan sejumlah uang misalnya membeli asuransi jiwa? Begitulah kurang lebihnya proses pengambilan keputusan pelunasan KPR yang sebiaknya dijalankan.
Nah, sekarang menjawab pertanyaan Anda, pelunasan sejumlah tertentu KPRnya yaitu 20% dari pokok, atau sebesar Rp 16 juta, yang boleh dilaksanakan setelah KPR berjalan 1 tahun. Cicilan perbulan sebelumnya adalah Rp.1.532.500/ bulan, suku bunga KPR 14% p.a fixed untuk jangka waktu 7 tahun. Setelah dilakukan pelunasan ini adalah tentunya saldo hutang KPR berkurang, dan yang menjadi pertnyaan Anda adalah apakah jangka waktu KPRnya sebaiknya dirubah (dipendekkan) atau tidak:
  • jika jangka waktu KPR tidak dirubah dengan asumsi suku bunga sama, maka cicilan KPR menjadi lebih ringan. Dalam hal ini pelunasan KPR tidak menjadi lebih cepat karena sama saja jangka waktunya, bunga KPR yng dibayar juga lebih sedikit tetapi ini karena saldo hutang juga berkurang akibat pelunasan tadi. Keuntungannya adalah cicilan KPR menjadi lebih ringan, sehingga arus kas kelurga tidak terlalu ketat. Sisa uang yang biasa digunakan untuk membayar cicilan KPR, bisa digunakan untuk menambah jumlah tabungan dan investasi Anda. Jadi Anda punya unag lebih yang menganggur, kesempatan untuk mewujudkan tujuan keuangan lain dengan dana menganggur tadi bukan?
  • jika jangka waktu KPR diperpendek maka cicilan KPR tidak menjadi lebih ringan. Dalam hal ini waktu pelunasan KPR menjadi lebih cepat. Hanya kesempatan untuk memiliki dana menganggur tidak ada, sebab besar cicilan minimal sama bahkan bisa lebih besar jika jangka waktu KPR semakin diperpendek
Saran saya, setelah melakukan pelunasan sejumlah tertentu, maka kurangilah jangka waktu KPR. Berapa jangka waktu perpendekan KPR yang tepat? Nah, patokannya adalah berdasarkan cicilan KPR sebelumya , yaitu Rp.1.532.500/bulan. Sebab, jika jangka waktu KPR terlalu pendek, dikhawatirkan cicilan KPR-nya jadi terlalu berat untuk Anda. Karean itu daripada repot-repot, cicilan KPR-nya disamakan saja. Caranya, Anda tinggal minta ke bank yang bersangkutan untuk menyesuaikan jangka waktu KPR setelah pelunasan, dimana cicilannya KPR nya sama seperti cicilan sebelumnya, otomatis jangka waktu KPR jadi lebih pendek. Selamat melakukan pelunasan KPR.
Salam,
Mike Rini
Perencana Keuangan


13 komentar:

  1. Halo semua, silahkan baca. Ini adalah kisah nyata. Nama saya Rahmalia Komara dari Indonesia. Saya telah dikonfirmasi sendiri. Hal ini sangat benar bahwa organisasi pinjaman Islam benar-benar memberikan pinjaman kepada orang-orang. Saya membaca tentang Isman Rasyidin komentar ketika ia narated bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka. Ketika saya melihat kesaksiannya di forum ini, saya memutuskan untuk juga mencoba mereka dan saya menghubungi mereka melalui email mereka ia
    memberikan (frb228815@gmail.com) Ketika saya menghubungi mereka, mereka
    bilang aku harus mengamankan pinjaman dengan ikatan asuransi PPI sejak saya meminta pinjaman tanpa jaminan internasional tanpa agunan. Saya benar-benar sangat takut pada awalnya ketika mereka mengatakan kepada saya untuk mendapatkan ikatan asuransi PPI untuk pinjaman. Saya pikir saya tidak akan mendapatkan pinjaman setelah mengasuransikan itu seperti apa penipuan lain lakukan. Saya pikir mereka di mana sama dengan semua penipuan ini di sini. Tetapi karena kesaksian Isman saya lihat di forum ini tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari mereka, saya hanya memutuskan untuk mengambil risiko dan menindaklanjuti prosedur dan dua hari kemudian, saya terkejut menerima konfirmasi peringatan dari bank kredit usaha saya jumlah Rp 200.000.000.000 Aku diterapkan untuk itu disetorkan ke rekening bank saya. Apa yang saya hanya bisa mengatakan semua orang yang masih meragukan adalah bahwa mereka harus mencoba. Itulah satu-satunya cara untuk meyakinkan. Jika Anda tidak mengambil risiko, Anda tidak pernah bisa berhasil. Itu adalah pelajaran besar yang telah saya pelajari. Saya sangat senang sekarang. Saya ingin saran siapa saja yang benar-benar serius dalam mendapatkan pinjaman untuk menghubungi mereka sekarang dan mengikuti syarat dan kondisi dan Anda akan terkejut dengan apa yang akan terjadi kepada Anda dalam beberapa hari ke depan....

    BalasHapus
  2. Apakah Anda mencari pinjaman bisnis, pinjaman pribadi, pinjaman rumah, mobil
    Pinjaman, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi utang, pinjaman tanpa jaminan, modal ventura, dll .. Atau apakah Anda pernah menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan.
    Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda! kami adalah perusahaan pinjaman Hukum dan Terdaftar dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan
    dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau
    2%. Bunga. Silahkan hubungi kami melalui email atau anitacharlesloancompany@gmail.com anitacharlesloancompany@mail.com
    Terima kasih,
    Ibu Anita

    BalasHapus
  3. perhatian :::::

    Kami adalah bersertifikat, dapat dipercaya, handal, efisien,
    dinamis dan cepat handal, bekerja sama pemodal untuk real estate dan segala jenis pembiayaan usaha
    kami mengeluarkan pinjaman jangka panjang
    Jumlah pinjaman maksimum kita meminjamkan adalah 500.000.000.
    Kami menawarkan jenis pinjaman dan banyak lagi:

    Pinjaman Pribadi (pinjaman tanpa jaminan)
    Kredit Usaha (pinjaman tanpa jaminan)
    Pinjaman Konsolidasi
    Kombinasi kredit
    Perbaikan Rumah
    Silakan, jika Anda suka dan minat dalam penawaran keuangan kami,
    Silahkan hubungi kami
    melalui e-mail zenithloanlimited@gmail.com

    BalasHapus
  4. Hello Am Mrs, Morgan debra Am pemberi pinjaman pinjaman yang sah dan dapat diandalkan memberikan pinjaman
    pada syarat dan ketentuan yang jelas dan dimengerti pada tingkat bunga 2%. dari
    $ 12.000 untuk $ 7.000.000 USD, Euro dan Pounds Hanya. Saya memberikan Kredit Usaha,
    Pinjaman Pribadi, Pinjaman Mahasiswa, Kredit Mobil Dan Pinjaman Untuk Bayar Off Bills. jika kamu
    membutuhkan pinjaman apa yang harus Anda lakukan adalah untuk Anda untuk menghubungi saya secara langsung
    di: morgandebra1986@gmail.com
    Tuhan Memberkatimu.
    Salam,
    Mrs Morgan debra
    Email: morgandebra1986@gmail.com


    Catatan: Semua balasan harus kirim ke: morgandebra1986@gmail.com

    BalasHapus
  5. .Apakah Anda memiliki segala macam kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang? Apakah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk mengobati semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
    resmi perusahaan untuk mengeluarkan pinjaman 3%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimum 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 untuk maksimum 100 juta.
    menawarkan berbagai layanan di bawah ini *
    Pinjaman pribadi (aman dan tidak aman)
    * Bisnis pinjaman (aman dan tidak aman)
    * Home improvement
    * Penemu pinjaman
    * Auto pinjaman
    * Pernikahan Mortgage
    Pinjaman Kesehatan, dll
    Jadi... Jika Anda tertarik, silahkan kembali ke kami melalui email kami patricia.russelfinancialfirm@gmail.com
    dengan Allah semua hal mungkin

    BalasHapus
  6. Semoga damai Tuhan bersama Anda.
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda dalam setiap
    Stres keuangan atau apakah Anda perlu dana untuk memulai.
    Bisnis Anda sendiri?
    A) ekspansi bisnis Pinjaman pribadi.
    B) start-up bisnis dan pendidikan.
    C) Hutang Konsolidasi
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Lokasi: ..........................................
    Status: .......................................
    Jenis Kelamin: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah pinjaman yang dibutuhkan: .........................
    Durasi Pinjaman: ...................................
    Nomor ponsel pribadi: .......................
    bulanan
    Penghasilan: .....................................
    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    Email: marycoleloanscompany3@gmail.com

    BalasHapus
  7. Kesaksian tentang bagaimana saya ditawari pinjaman tanpa agunan hanya 2% bunga.
    Nama saya Erna Wati, saya tinggal di sini di Indonesia dan saya saksi hidup dari kabar baik tentang Anita Lason Badan Kredit.
    Silahkan saya ingin Anda mendengarkan saya sangat hati-hati, diinformasikan bahwa tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya sedang mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan perusahaan pinjaman yang berbeda bahkan online.We meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa dan scammed dan ditipu.
    Suami saya dan saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk menjalankan untuk membantu, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak mampu untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari mereka sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Anita yang membantu kami dengan kami menawarkan tanpa jaminan pinjaman sebesar Rp 650 JUTA {ENAM RATUS LIMA PULUH JUTA RUPIAH INDONESIA} dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji bahwa dia saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres.
    Silahkan Hubungi Ibu Anita hari ini untuk pinjaman Anda dan melupakan orang di sini yang menjanjikan Anda pinjaman karena pada kedua ujungnya, Anda tidak akan mendapatkan pinjaman mereka bukan ditipu selamanya. Saya mencintai negara saya dan saya harus mencegah kita dari telah scammed oleh pemberi pinjaman jahat pada internet.So jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email dia di anitalasonloanltd@gmail.com
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu Anita atau mengikuti prosedur pinjaman, Write saya melalui email saya, ernawati4929@gmail.com.

    BalasHapus
  8. Halo, nama saya Chrisna DAMAYANTI. Saya seorang penerima BELINDA PINJAMAN PERUSAHAAN dan saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana terutama di sini di internet. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, robek dari uang yang diperoleh keras dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa lender secara online untuk mencari pemberi pinjaman yang benar dan jujur. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Belinda yang meminjamkan kepada saya sebuah pinjaman tanpa jaminan dari RP 330.000.000 (tiga ratus tiga puluh JUTA RUPIAH INDONESIAH) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan Tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan ditransfer langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan. Karena aku berjanji kepadanya bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadilah yakinlah dan yakin bahwa ini adalah sangat nyata karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, bukti pembayaran dan semua karya kertas. Saya percaya Ibu Belinda dengan sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan ini membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: Belindalamarloanfirm@gmail.com atau aid.financial@financier.com.
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di chrisnayanti12@gmail.com jika Anda menemukan kesulitan atau ingin prosedur untuk mendapatkan pinjaman dan bebas ..
    Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran bulanan pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke perusahaan rekening bulanan seperti yang diarahkan. Sebuah pengadilan akan meyakinkan Anda.

    BalasHapus
  9. Halo semua, saya Mr.Jones ikhsan, saat ini tinggal di Indonesia, saya menikah dengan dua anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan sejak Agustus 2014 dan saya perlu bantuan untuk membayar tagihan saya untuk pengobatan anak saya. Saya mencoba untuk mencari pinjaman dari berbagai PERUSAHAAN pinjaman Kedua perusahaan swasta tetapi tidak pernah dengan sukses, dan saya kredit Ditolak Sebagian besar bank. Tapi seperti Allah akan Memiliki itu, saya diperkenalkan dengan seorang wanita Allah pemberi pinjaman pinjaman pribadi oleh seorang teman bernama Mrs.chrisna dan saya mendapat jumlah pinjaman dari Rp550,000,000.Thank ALLAH hari ini untuk hidup saya, saya sekarang pemilik bisnis dan anak-anak saya lakukan baik saat ini. Jadi sayang, jika Anda harus menghubungi masing-masing perusahaan dengan Referensi untuk mengamankan kemitraan dengan tingkat kredit Alii bunga sebesar 2% dan pembayaran yang lebih baik rencana dan jadwal, silahkan hubungi Ibu Anita.she menawarkan semua jenis pinjaman untuk Kedua individu dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati lagi. Anda dapat menghubunginya melalui email: Anitalasonloanltd@gmail.com atau Anda dapat menghubungi saya melalui: Jonesikhsan@gmail.com tentang cara untuk mendapatkan pinjaman Anda.
    Tuhan memberkati bangsa kita.

    BalasHapus
  10. Halo, Nama saya RASHIDAT Wulandari, saya tinggal di sini di Jakarta dan saya saksi hidup dari kabar baik dari Belinda Badan Kredit. Silahkan saya ingin Anda mendengarkan saya sangat hati-hati, diinformasikan bahwa tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya sedang mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan perusahaan pinjaman yang berbeda bahkan online.We meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa dan scammed dan ditipu. Suami saya dan saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk menjalankan untuk membantu, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak mampu untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari mereka sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Belinda yang membantu kami dengan kami menawarkan tanpa jaminan pinjaman sebesar Rp 550.000.000 {lima ratus lima puluh JUTA RUPIAH INDONESIA} dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji bahwa dia saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres.
    Silahkan Hubungi Ibu Belinda hari ini untuk pinjaman Anda dan melupakan orang di sini yang menjanjikan Anda pinjaman karena pada kedua ujungnya, Anda tidak akan mendapatkan pinjaman mereka bukan ditipu selamanya. Saya mencintai negara saya dan saya harus mencegah kita dari telah scammed oleh pemberi pinjaman jahat pada internet.So jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email dia di belindalamarloanfirm@gmail.com atau aid.financial@financier.com .
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu Belinda atau mengikuti prosedur pinjaman, Write saya melalui email saya, rashidatwulandari@gmail.com.

    BalasHapus
  11. Halo teman-teman saya dan keluarga, silahkan saya ingin Anda semua untuk berhati-hati di internet. saya akan saran Anda untuk tidak mengajukan pinjaman di internet karena tidak semua dari mereka adalah nyata, mereka adalah scam, mereka akan meminta Anda untuk mengirim uang untuk Pendaftaran, transfer, biaya asuransi dan masih Anda tidak akan mendapatkan pinjaman Anda, mereka semua pencuri. saya telah menjadi korban dalam 3 pemberi pinjaman yang berbeda di sini dan saya mengirim jumlah pelukan uang karena saya benar-benar ingin mendapatkan pinjaman ini dan saya dipercaya sebagai pertama kalinya, tetapi saya tidak bisa mendapatkan pinjaman dari mereka. Silakan Anda harus sangat berhati-hati sehingga Anda tidak akan tertipu seperti saya, jika Anda benar-benar ingin menerapkan di internet, hanya ada satu pemberi pinjaman kredit saya yang percaya begitu banyak karena setelah saya mencoba beberapa tempat dan saya tertipu, saya begitu banyak dalam sakit karena saya memiliki banyak utang untuk membayar, jadi teman saya di kantor membantu saya keluar untuk mencari pemberi pinjaman pinjaman yang nyata dan sah dan kami menemukan pemberi pinjaman pinjaman baru ESTHER JONES, dan kami diterapkan di perusahaan, jadi saya teman adalah orang yang membantu saya untuk mengikuti semua aturan dan peraturan dan Allah menjadi kemuliaan saya mendapat pinjaman dari perusahaan sekitar 422 juta. jadi jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi ESTHER JONES dan mengikuti aturan dan peraturan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam, Anda dapat mencapai dia di email nya di estherjones.lenders@gmail.com.

    Anda masih dapat menghubungi saya di email saya di yulia.suryanto@gmail.com

    BalasHapus
  12. Halo sesama Indonesia, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs. Obi Esther. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod, dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka adalah scammers dan penipuan. Kondisi saya menjadi begitu penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Obi Esther, di mana saya mengajukan pinjaman Rp500.000.000 dengan tingkat 2% (2 persen), dan pinjaman disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan istilah perusahaan dan kondisi bahwa semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah pendaftaran saya punya saya Pinjaman 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman ini dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya terima Mrs. Obi Esther untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Pleae jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak cheater dan scammers di sini di internet. Aku akan saran Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menerapkan mana saya diterapkan yang asli dan nyata hanya dengan pendaftaran saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Obi Esther jika Anda memerlukan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau ditipu, email nya obi.loanfirm@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di ivhaandriani@gmail.com. Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  13. Kesaksian tentang bagaimana saya ditawari pinjaman tanpa agunan hanya 2% bunga.
    Nama saya Erna Wati, saya tinggal di sini di Indonesia dan saya saksi hidup dari kabar baik tentang Anita Lason Badan Kredit.
    Silahkan saya ingin Anda mendengarkan saya sangat hati-hati, diinformasikan bahwa tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya sedang mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan perusahaan pinjaman yang berbeda bahkan online.We meminjam uang untuk membayar ini pemberi pinjaman online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa dan scammed dan ditipu.
    Suami saya dan saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk menjalankan untuk membantu, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak mampu untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari mereka sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Anita yang membantu kami dengan kami menawarkan tanpa jaminan pinjaman sebesar Rp 650 JUTA {ENAM RATUS LIMA PULUH JUTA RUPIAH INDONESIA} dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah i diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji bahwa dia saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres.
    Silahkan Hubungi Ibu Anita hari ini untuk pinjaman Anda dan melupakan orang di sini yang menjanjikan Anda pinjaman karena pada kedua ujungnya, Anda tidak akan mendapatkan pinjaman mereka bukan ditipu selamanya. Saya mencintai negara saya dan saya harus mencegah kita dari telah scammed oleh pemberi pinjaman jahat pada internet.So jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email dia di anitalasonloanltd@gmail.com
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu Anita atau mengikuti prosedur pinjaman, Write saya melalui email saya, ernawati4929@gmail.com.

    BalasHapus